THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 15 April 2008

Broken Wings


PENGARANG SANG NABI

Judul buku : Sayap-sayap yang patah

(the broken wings)

Penulis : Kahlil Gibran

Penerjemah : Drs. Arvin Saputra

Penerbit : Classic Press

Cetakan I : 2003

Tebal : 131 halaman

Harga : Rp. 25.000,00

Gibran Kahlil Gibran dilahirkan pada tanggal 6 Desember 1883 di kota kecil Bisharri di kaki Gunung Cedar di Libanon Utara. Ayahnya seorang pemungut pajak,juga seorang peminum dan penjudi, tetapi dari pihak ibunya Gibran adalah keturunan intelek serta orang gereja Maronite. Kahlil tidak mengenyam pendidikan formal, tetapi belajar bahasa Inggris, Perancis dan Arab sekaligus, dan sejak usia dini telah menunjukkan bakatnya sebagai artis, sudah mengagumi karya Leonardo da Vinci di usia enam tahun. Ketika ia berusia sebelas, seluruh keluarganya kecuali ayahnya beremigrasi ke Amerika dan tinggal di komunitas ekspatriat asal Libanon di Chinatown di Boston. Ibunya bekerja sebagai penjahit dan kakak lelakinya, Boutros, membuka sebuah toko kelontong. Gibran sekolah, dimana ejaan namanya diubah menjadi Kahlil. Ia dikirim belajar melukis dan segera diperkenalkan kepada jurufoto Fred Holland Day, yang menggunakannya sebagai model dan menyuruhnya membuat rancangan-rancangan seni.

Pada tahun 1920 Gibran menjadi pendiri sebuah masyarakat literatur bernama Arrabitah atau The Pen-Bond. Karirnya sebagai pelukis sekaligus penulis berkembang, tetapi kesehatannya memburuk dan ia mulai minum untuk melawan penyakit jantungnya. Ia sering diundang untuk berpidato di hadapan jemaat gereja liberal. Pameran lukisannya dibuka di Boston pada tahun 1922, dan pada tahun 1923 mahakarya, yaitu Sang Nabi, diterbitkan. Karyanya ini langsung sukses dan penjualannya tidak pernah melorot. Ia terbitkan beberapa karya lagi dalam bahasa Inggris maupun Arab, yang paling terkenal di antaranya adalah Jesus Son of Man (1928), sebelum meninggal karena kegagalan hati dan TBC stadium awal pada tanggal 10 April 1931. Gibran tidak pernah kehilangan kecintaannya akan negara asalnya, Libanon, dimana ia dimakamkan dan dimana ia memperoleh status legendaris.

Novel ini menceritakan tentang agama jesus kristus. Dalam satu buku novel ini terbagi menjadi beberapa bagian yang berbeda tema atau judul. Novel ini banyak menceritakan seolah-olah yang mengalami pengarang.

Bahasa pengarang dalam menulis novel ini sudah baik karena tidak menggunakan bahasa yang tidak sesuai tata bahasa. Dan yang lebih menarik lagi dalam novel ini terdapat bahasa Inggris ataupun Perancis.

Menarik bukan?! Buruan dapatkan novelnya. Hanya di toko-toko buku terbesar seperti : gramedia, gunung agung, dan took buku terdekat. Anda dapat membaca novel ini sambil bersantai ataupun waktu senggang.

0 komentar: